PekanbaruKini.com
Headlines Riau

Pemprov Riau Serahkan 3.000 Bibit Ikan Patin untuk Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru

Pekanbarukini.com (PEKANBARU) – Dalam upaya mendukung kemandirian ekonomi pesantren, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyerahkan bantuan berupa 3.000 bibit ikan patin kepada Pondok Modern AlbKautsar Pekanbaru. Penyerahan dilakukan oleh Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, di Greenhouse Al Kautsar, pada Rabu (21/08/2024).

Dikatakan, Asisten I Zulkifli Syukur, bantuan ini merupakan bagian dari program Pemprov Riau untuk mendukung pengembangan usaha produktif di kalangan pondok pesantren. Ia menambahkan, dengan begitu siswa ponpes Al Kautsar dapat mengganti menu-menu makanan seperti Ikan Patin.

“Alhamdulillah, hari ini kami memberikan bibit ikan patin pada kolam yang sudah disediakan di Pondok Modern Al Kautsar Pekanbaru, dengan jumlah bibit sekitar 3.000 ekor. Kami berharap ini bisa bermanfaat bagi anak-anak di sini, karena dengan adanya ikan patin ini bisa menambah menu makanan dan gizi mereka,” ujar Zulkifli.

Dijelaskan, dukungan Pemprov Riau kepada pondok pesantren, bisa bermanfaat mengembangkan usaha budidaya perikanan yang berkelanjutan. Ia menambahkan, bantuan seperti ini tidak berhenti di sini saja, melainkan dapat diperluas ke pondok pesantren lainnya di Provinsi Riau.

“Kami akan mendorong agar pemerintah Provinsi Riau terus memberikan bantuan kepada pondok-pondok pesantren lainnya, sehingga program ini bisa semakin meluas dan memberikan manfaat yang lebih besar,” jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Modern Al Kautsar Pekanbaru, Ali Muhlisin, menuturkan terima kasih dan apresiasinya atas perhatian yang diberikan oleh Pemprov Riau. Ia berkomitmen, adanya penambahan 3.000 bibit ikan patin, tentu saja menjadi langkah baik sebagai pengembangan unit usaha pesantren.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Provinsi Riau yang telah hadir dan menyerahkan bantuan bibit ikan patin. Semoga dengan adanya pemberian ini, pesantren kami bisa semakin mengembangkan unit-unit usahanya melalui greenhouse di lahan seluas kurang lebih 2 hektare ini. Selain ikan, kami juga membudidayakan bebek, kambing, ayam, dan pertanian sayur-mayur,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kehadiran pemerintah Provinsi Riau melalui program ini membawa keberkahan dan kebaikan untuk pesantren kami,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua Yayasan Pondok Modern Al Kautsar Pekanbaru, Idham Teja Santosa, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan. Ia menerangkan, langkah Pemprov Riau ini bisa menjadi contoh bagi pihak-pihak lainnya dalam mendukung kemandirian pesantren.

“Kami ucapkan terima kasih dan Alhamdulillah, ini adalah berkah bagi kita semua. Mudah-mudahan ini merupakan langkah awal dari kebersamaan antara pemerintah daerah dengan pondok pesantren yang ada di Riau. Pondok ini merupakan cikal bakal untuk pembinaan umat di masa depan. Mudah-mudahan kolaborasi antara pesantren dan pemerintah daerah ini bisa terus berjalan dan membawa manfaat yang besar bagi umat,” pungkasnya.