PekanbaruKini.com
Politik Riau

Hasil Survei Pilgubri Mengejutkan: Abdul Wahid-SF Haryanto Pimpin Elektabilitas di Kampar

Pekanbarukini.com – Indonesian Political Survey & Consulting (Indopol Survey) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Riau di Kabupaten Kampar, menjelang Pilkada 2024. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 5-9 September 2024, pasangan Abdul Wahid – SF Haryanto unggul dengan elektabilitas 26,2%. Posisi kedua ditempati pasangan Syamsuar – Mawardi Saleh dengan 23,5%, disusul oleh pasangan Muhammad Nasir – HM Wardan yang mengantongi 18,3%.

Menariknya, sebanyak 32,0% pemilih masih berada di kelompok undecided voters (belum menentukan pilihan), yang diprediksi akan menjadi penentu hasil akhir Pilkada di Kampar.

Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto, menjelaskan bahwa meskipun Abdul Wahid – SF Haryanto saat ini unggul, peta politik masih sangat dinamis. Hal ini diperkuat dengan tingginya angka swing voters yang mencapai 75,5%.

“Tingginya angka swing voters ini terjadi karena banyaknya pemilih yang masih mempertimbangkan visi dan misi kandidat lain, serta keyakinan bahwa mereka masih memiliki cukup waktu untuk memutuskan,” ujar Ratno dikutip dari liputanoke.com, Kamis (26/09/2024).

Lebih lanjut, survei ini mengungkapkan basis dukungan yang berbeda-beda di setiap kecamatan. Pasangan Abdul Wahid – SF Haryanto mendominasi di wilayah Rumbio Jaya, Bangkinang Kota, Bangkinang, dan Kampar Timur, dengan elektabilitas di atas 50%.

Sebaliknya, pasangan Syamsuar – Mawardi Saleh memiliki basis dukungan kuat di IX Koto Kampar, Kampar Kiri Hilir, Siak Hulu, dan Gunung Sahilan. Sedangkan dukungan bagi pasangan Muhammad Nasir – HM Wardan lebih banyak berasal dari wilayah Tapung Hulu, Kampar Utara, Kampar Kiri Tengah, dan Kampar Kiri.

Namun, kelompok undecided voters terkonsentrasi di beberapa kecamatan, termasuk Koto Kampar Hulu, Kuok, Perhentian Raja, Salo, Tapung Hilir, dan Gunung Sahilan. Pemilih di wilayah ini akan memainkan peran kunci dalam menentukan pemenang di Kabupaten Kampar.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 600 responden warga Kabupaten Kampar yang berusia 17 tahun ke atas. Dengan margin of error sebesar ±4,0% dan tingkat kepercayaan 95%, survei ini memberikan gambaran yang cukup jelas tentang tren elektabilitas di daerah tersebut.

Pertarungan menuju kursi Gubernur Riau semakin sengit, terutama dengan dinamika politik yang masih bisa berubah. Pasangan kandidat harus berupaya keras memikat hati para pemilih yang belum menentukan pilihan, mengingat besarnya potensi yang dimiliki oleh kelompok undecided voters ini. (***)

Berita Terkait

Disambut Meriah, Abdul Wahid Hadiri HUT ke-4 Punguan Naposo Borbor Naimarata di Pekanbaru

Redaksi

Relawan Belalang Tempur Siap Menangkan Abdul Wahid-SF Hariyanto di Pilgub Riau 2024

Redaksi

Dukungan PSI Tambah Kekuatan Nasir-Wardan di Pilgub Riau 2024

Redaksi