PekanbaruKini.com
Pekanbaru Riau

Pimpinan DPRD Pekanbaru Diharapkan Segera Dilantik dan Kebut Pembentukan AKD untuk Optimalisasi Kinerja

PEKANBARU – Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru periode 2024-2029 diharapkan segera membahas pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) demi mengoptimalkan kinerja anggota dewan yang baru dilantik pada 6 September lalu. Pembahasan ini dinilai krusial agar DPRD bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal di awal periode.

Harapan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Pekanbaru, Zulfan Hafiz, usai diumumkannya susunan fraksi dan calon pimpinan definitif DPRD Pekanbaru melalui sidang paripurna, Senin (7/10/2024). Zulfan menekankan pentingnya percepatan pelantikan pimpinan definitif agar pembentukan AKD bisa segera dilakukan.

“Kita berharap pimpinan DPRD definitif segera dilantik dalam paripurna pengucapan sumpah/janji jabatan. Setelah itu, bisa segera diagendakan pembahasan pansus tata tertib (tatib) dan pembentukan AKD,” ujar Zulfan, Selasa (8/10/2024).

Menurut Zulfan, mekanisme pelantikan pimpinan definitif dimulai dari pengajuan Surat Keputusan (SK) ke Gubernur Riau oleh Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru. Proses ini diharapkan berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga SK pelantikan bisa segera dikeluarkan dan diserahkan ke DPRD.

“Tentu saja Sekretariat Dewan akan mengajukan SK ke Gubernur Riau terlebih dahulu. Setelah SK turun, barulah pelantikan pimpinan definitif bisa dilaksanakan. Setelah itu, pembahasan tatib, kode etik, dan pembentukan AKD dapat segera dilakukan melalui paripurna,” jelasnya dikutip dari datariau.

Zulfan yang pernah menjabat sebagai legislator pada periode 2014-2019 juga menekankan pentingnya tata tertib sebagai acuan bagi seluruh anggota DPRD dalam menjalankan tugas. Ia berharap pembahasan tatib dilakukan secara intensif agar dapat segera disepakati oleh 50 anggota DPRD periode 2024-2029.

“Pimpinan fraksi lain akan bertugas membahas dan menyusun tatib tersebut,” tambahnya.

Sebagai anggota DPRD dari Dapil 6 (Tuah Madani-Binawidya), Zulfan menekankan urgensi pelantikan pimpinan definitif agar AKD bisa segera terbentuk, sehingga kerja DPRD dapat berjalan sesuai komisi masing-masing.

“Semakin cepat pimpinan definitif dilantik dan AKD terbentuk, semakin cepat kita bisa bekerja menampung dan menindaklanjuti keluhan serta aspirasi masyarakat secara menyeluruh,” tutupnya.

Penulis: Mimi
Editor: Riki

 

Berita Terkait

Kritik Tajam Zulfan Hafiz: Minta Kontraktor Segera Perbaiki Jalan Rusak Akibat Galian PDAM Pekanbaru

Redaksi

Zulkardi, Politisi Muda di Pekanbaru Relakan Gaji Anggota DPRD untuk Bantu Masyarakat

Redaksi

Pelatihan Menjahit Diskop UKM Pekanbaru Selesai, 60 Peserta Mendapatkan Sertifikat

Redaksi