PekanbaruKini.com
Pekanbaru Riau

PEMURI Gigih Ajak Anak Muda Jadi Petani Sukses, Hingga Dilantik Presiden Jokowi Jadi Duta Petani Milenial

Pekanbarukini.com (PEKANBARU)– Berawal dari kegelisahan dengan nasib para petani, Ade Putra Daulay punya keinginan untuk membentuk komunitas yang berisi anak-anak milenial. Alasannya sederhana, agar kaula muda juga mau menjadi petani.

Oleh pria lulusan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau itu kemudian membentuk Petani Muda Riau (Pemuri) pada Desember 2017. “Awalnya mulai khawatir banyak generasi muda tidak melirik dunia pertanian. Padahal dari bertani juga bisa sukses dan juga kaya. Apalagi di Riau memang masih banyak lahan tidur yang belum diolah,” sebut Ade Putra, yang kini masih Ketua Pemuri.

Ketua Pemuri Ade Putra Daulay
Ketua Pemuri Ade Putra Daulay saat merawat tanaman (foto/ist)

Berawal dari Kota Pekanbaru, Ade mulai menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Mulai menanam cabai, rawit, labu, jagung, dan sebagainya. Tidak mudah, tetapi secara swadaya Pemuri mulai mengolah lahan, bididaya bibit, hingga akhirnya mulai ada yang panen.

Sekitar Tahun 2018, Pemuri panen perdana cabai rawit mencapai 1 ton. Ini menjadi cuan sebab saat itu harga jual Rp38 ribu rupiah per kilogram.

Hingga akhirnya dilirik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Hingga Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengamanahkan Ade sebagai Direktur PT. Sarana Pangan Madani Ade Putra Daulay, dan masih menjabat hingga kini.

Prestasi demi prestasi diraih. Akhir 2019, Petani Muda Riau dinobatkan sebagai Juara III Tingkat Nasional dalam Anugerah Kepemudaan 2019 kategori Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi yang ditaja oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemudian 9 Agustus 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan Duta Petani Millenial (DPM) Kementrian Pertanian RI. 11 orangnya adalah kader terbaik Pemuri.

Mendapatkan berbagai pengakuan, tak membuat Ade Putra bersama tim berpuas diri. “Karena Pemuri ingin kaum milenial di Riau tidak meninggalkan pertanian. Karena kalau bukan kita yang peduli siapa lagi. Karena ada banyak kisah sukses para petani, apalagi saat ini dengan kemajuan teknologi,” sebutnya.

Terbaru Ade Putra Daulay, Petani Muda Riau (PEMURI) perwakilan dari Riau terpilih untuk menjadi Young Ambassador 2022 dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Wakil Menteri Pertanian saat bersama Kerua PEMURI
Wakil Menteri Pertanian saat bersama Ketua PEMURI (foto/istimewa)

Belum lama ini Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harviq Husnul Qalbi datang meresmikan Pendopo Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Riau (PEMURI) berlokasi di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Pekanbaru. P4S ini merupakan upaya pemerintah kota pekanbaru bersama Pemuri untuk melahirkan generasi generasi Muda di sektor Pertanian. (Rki)

Berita Terkait

Ketua P4S PEMURI Jadi Pemenang Young Ambasador Yess Program Kementrian Pertanian

Redaksi

Ketua PEMURI Wakil Pekanbaru Raih Poin Tertinggi Pemilihan Brand Young Ambassador YESS Kementerian Pertanian

Redaksi

Wakil Menteri Pertanian Sambangi dan Resmikan Pendopo P4S Petani Muda Riau

Redaksi