PekanbaruKini.com
Pekanbaru

PUPR Pekanbaru Siagakan Peralatan di Lokasi Banjir

Pekanbarukini.com (PEKANBARU) – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyiagakan peralatan di lokasi-lokasi banjir. Peralatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru guna mengantisipasi luapan banjir.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di ruang rapat Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (09/01/2024), mengatakan, ia bersama Forkopimda telah mengikuti rapat koordinasi penanganan banjir dipimpin oleh Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Rapat ini dihadiri seluruh Forkopimda Riau, termasuk BMKG, Basarnas, serta OPD terkait. Rapat ini dihadiri seluruh bupati dan wali kota. “Kami melaporkan ke gubernur Riau terkait bencana penanganan banjir. Di Pekanbaru, ada genangan dan banjir,” ujarnya.

“Kami sudah mengantisipasi dengan mendirikan posko-posko di lokasi banjir tersebut. Ada sekitar 1.400 jiwa atau 100 lebih Kepala Keluarga (KK) lebih terdampak banjir,” tambahnya.

Tapi, warga yang mengungsi tidak sampai 50 KK. Sebagian warga memilih tetap bertahan di rumahnya masing-masing.

Pemko telah mengirimkan suplai makanan kepada pengungsi banjir. Bantuan yang disalurkan berapa makanan siap saji dan nasi bungkus.

“Kami mengirimkan dokter ke tempat pengungsian. Kami juga tetap mengantisipasi banjir dengan menyiagakan peralatan Dinas PUPR,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Pemko sudah menetapkan status Darurat Banjir sejak akhir tahun lalu hingga 31 Januari ini. Informasi dalam rapat tersebut, Pekanbaru akan memasuki musim kemarau akhir Januari 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan banjir disebabkan oleh luapan sungai Siak. Banjir tersebut melanda perkampungan Meranti Pandak, Perumahan Jatayu, serta permukiman di Palas.

“Peralatan pendukung untuk pengerukan drainase agar banjir cepat surut sudah kita siagakan di lokasi banjir,” tambahnya. (advertorial)