PekanbaruKini.com
Pekanbaru Riau

Ekowi Dorong Pengangkatan Guru Honorer dan Tendik PPPK 2024 Tuntas dan Seleksi Tanpa Tes

Pekanbarukini.com (PEKANBARU) – Eko Wibowo, Ketua ASN PPPK tahun 2022, berharap kepada pemerintah pusat untuk segera membuka penerimaan ASN PPPK tahun 2024. Dalam pernyataannya pada Sabtu (30/12/2023), Ekowi berharap agar guru honorer dan tenaga kependidikan (Tendik) dapat diangkat sebagai PPPK pada tahun 2024 tanpa melalui tes.

“Kita berharap pemerintah pusat akan segera membuka penerimaan ASN PPPK 2024. Agar Menpan RB dan Kemendikbudristek untuk pengangkatan guru dan Tendik jadi PPPK 2023 tanpa tes,” ujar Ekowi.

Menurutnya, pengangkatan tanpa tes memungkinkan karena data mengenai lama pengabdian guru honorer sudah terdokumentasi.

“Seluruh guru honor memiliki data tentang berapa lama mereka mengajar di sekolah. Jadi cukup dengan observasi, supaya cepat dan efisien anggaran yang dikeluarkan pemerintah,” tambah Ketua Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Provinsi Riau.

Dirinya juga berharap agar penerimaan ASN PPPK tahun 2024 memberikan formasi khusus untuk tenaga kependidikan, seperti posisi Tata Usaha (TU), Operator (OP), laboran, penjaga sekolah, kebersihan, hingga petugas klinik UKS di sekolah. Mengingat sudah hampir empat tahun belum ada formasi yang tersedia bagi Tendik.

Penting untuk dicatat bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyelesaikan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023. Harapannya, guru honorer di Bumi Lancang Kuning yang belum menjadi ASN dapat dimasukkan dalam usulan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau PPPK ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada tahun 2024. (*)

Berita Terkait

AHN Riau Sampaikan Aspirasi ke Kemendikbudristek Terkait Seleksi PPPK 2024

Redaksi

Minta Tendik Diakomodir, Ketua SNWI Riau Harap Revisi UU ASN Segera Disahkan

Redaksi

Menpan-RB Sebut PPPK Bisa Naik Gaji Berkala dan Gaji Istimewa, Ini Respon Wakil Ketua PGRI Riau

Redaksi