24.2 C
Pekanbaru, ID
Kamis, 9 Desember 2021, 05:48
PekanbaruKini.com
Headlines Riau

Satgas Covid-19 Riau Keluarkan Aturan Baru, Tes PCR di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Gratis

Pekanbarukini.com (PEKANBARU) – Guna mempermudah melakukan upaya penanganan Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, mengeluarkan aturan baru. Yakni, masyarakat Provinsi Riau dapat melakukan pemeriksaan Swab PCR gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad (AA) Pekanbaru.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Riau, dr Indra Yovi hari ini. Dikatakannya kebijakan baru ini sebagai langkah mempercepat proses skrinning pasien yang terindikasi Covid-19.

“Tujuannya mempermudah prosedur pemeriksaan swab PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau,” terangnya, Selasa (12 Oktober 2021).

Yovi menjelaskan, masyarakat dapat mendapatkan pelayanan gratis ini, dengan cara melampirkan surat pengantar dari Puskesmas dan klinik kesehatan. 

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang mengalami keluhan batuk pilek seperti Covid-19, awalnya melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau klinik kesehatan terdekat. Setelah itu, jika masyarakat yang diberikan surat pengantar akan diberikan akses mengikuti tes PCR di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad.

“Setelah di tes di Puskesmas atau klinik, nantinya dokter tersebut akan memberikan surat pengantar agar pasien tersebut diberikan akses untuk PCR di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad,” jelas Yovi, Senin kemarin.

Langkah ini ditujukan agar pasien yang suspek COVID-19 tersebut dapat mengetahui cepat hasil pemeriksaan laboratoriumnya.

“Harapan agar masyarakat dapat segera mendapat pertolongan medis lebih lanjut apabila benar terkonfirmasi COVID-19,” tutur Yovi.

Artinya, bagi masyarakat yang melakukan pemeriksaan, di hari itu juga dapat langsung mengetahui hasil PCRnya tanpa menunggu lama. 

Yovi menambahkan, saat ini masyarakat tidak perlu lagi ragu, untuk memeriksakan diri, karena semua biaya penanganan pasien COVID-19 akan ditanggung oleh pemerintah.

“Seluruh biaya swab PCR dengan surat keterangan dokter, hingga diisolasi, biaya penanganan pasien juga ditanggung pemerintah, jadi jangan kuatir,” pungkasnya.