23.1 C
Pekanbaru, ID
Selasa, 19 Oktober 2021, 08:55
PekanbaruKini.com
Headlines Pekanbaru

BMKG Sebut Musim Kemarau Di Provinsi Riau Diatas Normal, Begini Penjelasannya

Awan mendung di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu

PEKANBARU – Intensitas hujan belakangan ini di wilayah di Kota Pekanbaru dan Riau pada umumnya terbilang cukup tinggi. Padahal Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menyebutkan bahwa di awal bulan Juni Riau memasuki musim kemarau.

“Riau sudah masuk musim kemarau dari awal Juni, hanya saja kemarau kali ini memiliki sifat diatas normal, artinya banyak curah hujan,” terang Prakirawan BMKG, Putry Santi Siregar lewat pesan singkat whatsappnya, Kamis (18/6/2020).

Namun, berdasarkan hasil monitoring masit tergolong kategori normal kemarau. Akan tetapi lebih basah dari rata-ratanya. Artinya bukan kemarau basah.

“Jadi memang kemarau di Riau seperti ini kondisinya. Akan tetap ada hujan dikarenakan tipe hujan ekuatorial, Tipe hujan ekuatorial itu berbeda dengan tipe hujan monsunal. Kalau ekuatorial akan tetap ada hujan dimusim kemarau tetapi intensitasnya berkurang,” paparnya.

Lebih lanjut disampapikannya, tipe hujan Ekuatorial memiliki sifat makin berkurang jika ada asap. “Jadi untuk kategori kemarau sekarang masih dalam kondisi aman tidak kekeringan parah. Apalagi tidak ada asap. Sehingga potensi hujan akan tetap terus ada,” tambahnya.

Berita Terkait

India Nggak Sendiri, Covid Mengganas di Kawasan ASEAN

Redaksi

Rekor! 50 Penambahan Kasus Covid-19 Hari ini di Riau, Berikut Data Lengkapnya

Redaksi

Ada Penambahan 5 Kasus, Warga Siak Dominasi Kasus Positif Covid-19 Hari ini di Provinsi Riau

Redaksi