25.2 C
Pekanbaru, ID
Kamis, 24 Juni 2021, 06:48
PekanbaruKini.com
Headlines Kesehatan

Ingin Kulit Tetap Sehat saat Puasa dan Lebaran? Ini Tips dari Klinik Kecantikan dr. Vee

Pekanbarukini.com (PEKANBARU) – Kesehatan kulit menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan, khususnya bagi kaum hawa yang ingin tampil cantik. Namun, ada beragam faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit itu sendiri.

Selain pengaruh eksternal seperti kondisi lingkungan, kecukupan kebutuhan cairan dan nilai gizi pada makanan yang dikonsumsi pun turut berdampak terhadap kesehatan kulit.

Tentunya, hal itu menjadi tantangan bagi kaum hawa yang ingin tetap memelihara kesehatan kulit secara optimal saat menjalani ibadah puasa Ramadhan dan tampil cantik ketika menyambut lebaran.

Apalagi, pada momen tersebut, kondisi fisik tidak seperti biasanya. Bahkan, kerap kali kecukupan cairan dan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit, tidak terpenuhi dengan baik.

Dokter Klinik kecantikan dr. Vee, Pekanbaru, dr. Arya Guna Wirattama pun membagikan tips agar kesehatan kulit terjaga selama menjalani ibadah puasa, sehingga kaum hawa dpat tetap tampil cantik saat merayakan lebaran. Di antaranya, yakni sebagai berikut:

Banyak Minum Air Putih

Selain untuk mencegah dehidrasi, dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat menjaga kelembaban kulit.

“Selama berpuasa, penting untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih dalam sehari. Usahakan, minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Dengan demikian akan menjaga tubuh terhindar dari terhidrasi, selain itu juga bisa melembapkan kulit sehingga tampak bersinar saat lebaran nanti,” jelas dr. Arya, Senin (10/5/2021).

Dokter yang sehari-hari bertugas di dr. Vee Skin and Body Clinic, Jalan Cendrawasih No. 83 D, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru ini juga menyarankan untuk mencuci muka minimal dua kali sehari menggunakan sabun pembersih wajah untuk menghilangkan debu dan kotoran supaya kesehatan kulit pada area wajah tetap terjaga dengan baik.

“Pilihlah sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah itu, aplikasikan serum pada pagi dan malam hari,” ujarnya.

“Masih banyak wanita yang mengira, mengaplikasikan serum pada malam hari saja sudah cukup. Padahal menggunakan serum dipagi hari juga penting, apalagi kalau kita memiliki hari besar seperti lebaran yang menuntut kita berpenampilan maksimal. Formula yang dimiliki serum dapat bekerja dengan cepat dan merawat kulit lebih optimal,” ungkap dr. Arya lagi.

Gunakan Pelembap

dr. Arya juga mengungkapkan bahwa penggunaan pelembab atau day cream dapat membantu menjaga kelembaban kulit, apalagi saat tengah beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, pelembab juga dapat mengontrol minyak berlebih dan membuat riasan wajah lebih tahan lama.

“Pelembap dapat membantu menjaga kulit kita tetap lembap seharian serta mengontrol produksi minyak pada wajah. Pelembap juga bermanfaat untuk membuat makeup yang dikenakan lebih menempel dan tahan lama,” jelas Arya.

Cukup Istirahat

Selain menjaga pola makan dan melakukan perawatan wajah secara rutin, dikatakan dr. Arya, istirahat yang cukup menjadi kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat.

“Ketika kita kurang tidur maka kulit yang kelelahan akan sangat tampak dan terlihat kusam hingga bisa timbul jerawat. Oleh karenanya itu, istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu kulit untuk beregenerasi guna mendapatkan kulit yang cerah dan sehat,” ajaknya.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan cara untuk merawat kesehatan kulit dari dalam. Selain dapat menghindarkan berbagi masalah kulit, lewat cara itu, wajah juga akan menjadi lebih sehat bersih dan mulus.

“Jadi, rajin-rajinlah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan yang dapat menyembuhkan dan merawat kulit, selain bagus untuk pencernaan, makan banyak sayur dan buah juga membantu kita mendapatkan wajah yang cerah dan lembab,” terangnya.

Dia menambahkan, kandungan vitamin dan air dari sayur dan buah membantu memelihara kesehatan kulit. Selain itu dr. Arya juga menyarankan agar tidak berlebihan mengkonsumsi makanan dan manis.

“Sebab, mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat memicu timbulnya jerawat dan penuaan dini,” ungkapnya.